PERKEMBANGAN
ANIMASI DI DUNIA
HENDRIK GUMALA/702013701
ROMARIO BANGHELI/702012105
ALEXANDER. R.WOUW/702011170
HENDRIK GUMALA/702013701
ROMARIO BANGHELI/702012105
ALEXANDER. R.WOUW/702011170
1. DEFINISI
ANIMASI
Animasi
adalah gambar bergerak berbentuk dari sekumpulan objek(gambar)yang di susun
secara beraturan mengitu alur pergerakan yang telah di tentukan pada setiap
pertambahan hitungan waktu yang terjadi. Gambar atau objek yg di maksudkan dalm
defenisi di atas bias berupa gambar manusia,hewan,maupun,tulisan.
2.
SEJARAH ANIMASI
Pembuatan film animasi secara
manual yaitu dari pengolahan gambar tangan sehingga menjadi gambar yang
bergerak.Sebelum adanya film animasi Bentuk animasi tertua diperkirakan wayang
kulit. Karena pada pagelaran wayang memenuhi semua elemen animasi seperti layar
(Background), gambar yang bergerak, dialog dan ilustrasi musik yang mengiringi.
Animasi mulai berkembang sekitar abad ke-18 di Amerika. Pada saat itu teknik
stop motion animation (pengambilan gambar dengan cara satu per satu) banyak
disenangi. Teknik ini menggunakan serangkaian gambar diam/frame yang dirangkai
menjadi satu dan menimbulkan kesan seolah-olah gambar tersebut bergerak. Teknik
ini sangat sulit, membutuhkan waktu, juga biaya yang banyak. Karena untuk
menciptakan animasi selama satu dektik saja, kita membutuhkan sebanyak 12-24
frame gambar diam.bisa kita Bayangkan jika film animasi itu berdurasi satu jam
bahkan lebih.
J. Stuart Blackton adalah orang
Amerika pertama yang menjadi pionir dalam menggunakan teknik stop motion
animation. film yang telah diciptakannya dengan menggunakan teknik ini adalah
The Enchanted Drawing (1900) dan Humorous Phases of Funny Faces (1906).
3.
JENIS ANIMASI
Animasi
sendiri berasal dari bahasa latin yaitu anima’’ yang berrti
jiwa,hidup,semangat.sedangkan karakter adalah orang hewan maupun objek nyata
lainnya yang di tuangkan dalam bentuk gambar 2D 3D. sehinga karakter animasi
dapt di artikan sebagai gambar yg membuat objek yang seolah olah hidup,di
sebabkan oleh kumpulan gambar itu berubah beraturan dan berganti di tampilkan.
Objek dalam gambar bias berupa tulisan,bentuk benda,warna dan special efect
Karakter
animasi sendiri sekarang telah berkembang yang dulu mempunyai prinsip sederhana
sekarang menjadi beberapa jenis animas :
a.
Animasi 2D(dua dimensi)
Animasi 2D bias juga di sebut dengan film kartun.
Kartun sendiri berasal dari kata cartoon,yang artinya gambar ganbar yang
lucu,Dan film kartun itu kabanyakan film yang lucu.contohnya banyak sekali baik
di tv mauun di bioskop misalnya : sinchan,looney Tunes,pink panther,tom dan
jerry, Scooby doo dan masih banyak lagi.
b.
Animasi 3D(tiga dinensi)
Animasi 3 dimensi adalah perkembangan dari animasi
2D.misalnya film 3D adalah : final fantasi,TOY Story,Monster inc,dan masih
bnyak agi kesemuanya itu biasa juga di sebut dengan animasi 3D atau CGI
(computer generated imagery).
c.
Stop Motion Animation
animasi ini di kenali sebagai clay mation karna
nimasi mengunakan clay (tanah liat sebagai onjek yg di gunakan)
d.
Animasi Jepang (anime)
Anime adalah sebutan tersendiri untuk film animasi
di jepang. Berdasarkan teknik pembuatan animasi di bedakan menjadi 10 jenis :
animasi cell,animasi frame, animasi sprite,animasi path,animasi spline animasi
vector,animasi clay,morphing ,animasi digital,dan animasi karakter.
1.
Animasi Sel (Cell
Animation)
Kata “cell” berasal
dari kata “celluloid”, yang merupakan material yang digunakan untuk membuat
film gambar bergerak pada saat awal. Sekarang, material film dibuat dari asetat
(acetate), bukan celluloid. Potongan animasi dibuat pada sebuah potongan asetat
atau sel (cell). Sel animasi biasanya merupakan lembaran-lembaran yang
membentuk sebuah frame animasi tunggal. Sel animasi merupakan sel yang terpisah
dari lembaran latar belakang dan sebuah sel untuk masing-masing obyek yang
bergerak secara mandiri di atas latar belakang. Lembaran-lembaran ini
memungkinkan animator untuk memisahkan dan menggambar kembali bagian-bagian
gambar yang berubah antara frame yang berurutan. Sebuah frame terdiri dari sel
latar belakang dan sel di atasnya. Misalnya seorang animator ingin membuat
karakter yang berjalan, pertama-tama dia menggambar lembaran latar belakang,
kemudian membuat karakter akan berjalan pada lembaran berikutnya, selanjutnya
membuat membuat karakter ketika kaki diangkat dan akhirnya membuat karakter
kaki dilangkahkan. Di antara lembaran-lembaran (frame-frame) dapat disipi efek
animasi agar karakter berjalan itu mulus. Frame-frame yang digunakan untuk
menyisipi celah-celah tersebut disebut keyframe. Selain dengan
keyframe proses dan terminology animasi sel dengan layering dan
tweening dapat dibuat dengan animasi computer.
Contoh Gambar Animasi Sel.
2.
Animasi Frame
(Bingkai Animasi)
Animasi bingkai
adalah bentuk animasi Yang Sederhana memucat. Diupamakan Andari mempunyai
sebuah Buku bergambar Yang Berseri di Tepi Auditan berurutan. Bila jempol
Andari membuka Buku Artikel Baru CEPAT, Maka GAMBAR kelihatan
Bergerak. PADA Komputer multimedia, animasi Buku nihil menampilkan sebuah
GAMBAR Yang berurutan secara CEPAT. Antara GAMBAR Satu (frame satu)
Artikel Baru GAMBAR lain (bingkai Lain) berbeda. Kalau kitd bayangkan
bagaimana Film ATB ITU diputar di Bioskop, Maka dapat kitd pahami bagaimana Cara
Koperasi Karyawan Bhakti Samudera frame animasi secara lebih BAIK Dalam, sebuah
film, serangkaian bingkai Bergerak melalui proyektor Film Artikel Baru
kecepatan sekitar 24 frame per Detik. Kita Bisa menangkap adanya Gerak di
Layar karena setiap bingkai mengandung Satu GAMBAR Yang tampil PADA Layar
begitu bingkai Yang bersangkutan Muncul. Mengapa 24 frame per
Detik? Karena kecepatan ITU merupakan Ambang Batas, kurang bahasa Dari ITU
Maka Yang Akan kitd lihat di Layar adalah gambar yang kabur.
Contoh gambar animasi frame
3.Animasi Sprite
(Sprite Animasi)
Animasi sprite
serupa Artikel Baru Teknik animasi ATB, yaitu obyek Yang diletakkan Dan
dianimasikan PADA bagian Puncak Grafik Artikel Baru latar Belakang
diam. Sprite adalah setiap bagian bahasa Dari animasi Andari Yang Bergerak
secara mandiri, misalnya Burung Bagus terbang, planert berotasi, bola
memantul-mantul atau berputar logo. Sprite beranimasi Dan Bergerak sebagai
obyek Yang mandiri. Dalam, animasi sprite, sebuah GAMBAR Tunggal atau berurutan
dapat ditempelkan Dalam, sprite. Sprite dapat dianimasikan Dalam, Satu
klien untuk membuka posisi, seperti halnya planet berputar atau Burung Bergerak
Sepanjang Garis lurus. Animasi sprite berbeda Artikel Baru animasi frame,
Illustrasi Urutan masing-masing frame, Andari hanya dapat memperbaiki bahasa
Dari Layar Yang mengandung sprite. Andari tidak dapat memperbaiki bagian
Dalam, Yang ditampilkan Layar untuk masing-masing bingkai seperti yang dapat
anda kerjakan pada animasi frame.
Contoh gambar
animasi sprite di atas.
3.
Animasi Path ( Path Animasi)
Animasi path adalah
animasi dari objek yang gerakannya mengikuti garis lintasan yang sudah
ditentukan. Contoh animasi jenis ini adalah animasi kereta api yang bergerak
mengikuti lintasan rel. Biasanya dalam animasi path diberi perulangan animasi,
sehingga animasi terus berulang hingga mencapai kondisi tertentu. Dalam
Macromedia Flash, animasi jenis ini didapatkan dengan teknik animasi path,
teknik ini menggunakan layer tersendiri yang didefinisikan sebagai lintasan
gerakan objek.
Berikut adalah contoh gambar animasi Path.
4.
Animasi Spline (
Spline Animasi )
Spline adalah
representasi matematis dari kurva. Bila obyek bergerak, biasanya tidak
mengikuti garis lurus, misalnya berbentuk kurva. Program animasi computer
memungkinkan Anda untuk membuat animasi spline dengan lintasan gerakan
berbentuk kurva. Untuk mendefinisikan animasi spline, posisi pertama Anda pada
sebuah titik pijak. Kurva itu sendiri melewati titik pijak. Titik pijak
mendefinisikan awal dan akhir titik dari bagian kurva yang berbeda.
Masing-masing titik pijak dapat dikendalikan sehingga memungkinkan Anda untuk
mengubah bentuk kurva antara dua titik pijak.
Sebagian besar program animasi memungkinkan Anda untuk membuat variasi gerakan sepanjang lintasan. Jika sebuah lintasan gerakan mempunyai belokan tajam, sebagai contoh sebuah obyek bergerak pelan mengikuti belokan dan kemudian meningkatkan kecepatannya setelah melewati belokan. Beberapa program menyediakan pengontrol kecepatan sprite sepanjang lintasan secara canggih.
Sebagian besar program animasi memungkinkan Anda untuk membuat variasi gerakan sepanjang lintasan. Jika sebuah lintasan gerakan mempunyai belokan tajam, sebagai contoh sebuah obyek bergerak pelan mengikuti belokan dan kemudian meningkatkan kecepatannya setelah melewati belokan. Beberapa program menyediakan pengontrol kecepatan sprite sepanjang lintasan secara canggih.
Contoh gambar dari animasi Spline di atas
5.
Animasi Vektor
(Vector Animasi)
Animasi vektor
serupa Artikel Baru animasi sprite. PADA animasi sprite menggunakan bitmap
untuk sprite, animasi vektor menggunakan rumus Matematika untuk menggambarkan
sprite. Rumus inisial serupa Artikel Baru Yang rumus menggambarkan kurva
spline. Animasi vektor menjadikan objek Bergerak Artikel Baru SIBOR
memvariasikan parameter Ujung-Pangkal, arah Dan Panjang PADA segmen-segmen
Garis Yang menentukan objek. Macromedia adalah industri terdepan Dalam,
perangkat lunak animasi berbasis vektor. Perangkat lunak flash Yang
dikembangkan Macromedia menggunakan vektor grafis untuk membuat animasi
interaktif Serta grafis untuk digunakan di web. Macromedia telah
menerbitkan format file Flash (. Swf) sebagai sebuah standar Terbuka.Untuk
INFORMASI lebih JAUH, ikuti Link situs web Macromedia Flash, di mana ANDA Bisa
mengunjungi sebuah galeri halaman Web Yang berisi animasi Flash Dan mendownload
flash gratis selama periode 30 Hari Percobaan terpisah.
Contoh dari gambar animasi Vektor.
6.
Animasi Clay ( Clay
Animasi )
Animasi ini sering
disebut juga animasi doll (boneka). Animasi ini dibuat menggunakan
boneka-boneka tanah liat atau material lain yang digerakkan perlahan-lahan,
kemudian setiap gerakan boneka-boneka tersebut difoto secara beruntun, setelah
proses pemotretan selesai, rangkaian foto dijalankan dalam kecepatan tertentu
sehingga dihasilkan gerakan animasi yang unik. Contoh penerapan animasi ini
adalah pada film Chicken Run dari Dream Work Pictures. Teknik animasi inilah
yang menjadi cikal bakal animasi 3 Dimensi yang pembuatannya menggunakan alat
bantu komputer.
contoh dari gambar animasi clay.
7.
Animasi Karakter
(Character Animation)
Animasi karakter
merupakan sebuah cabang khusus animasi. Animasi karakter semacam yang Anda
lihat dalam film kartun. Animasi ni berbeda dengan animasi lainnya, misalnya
grafik bergerak animasi logo yang melibatkan bentuk organic yang komplek dengan
penggandan yang banyak, gerakan yang herarkis. Tidak hanya mulut, mata, muka
dan tangan yang bergerak tetapi semua gerakan pada waktu yang sama. Meskipun
untuk membuat animasi tunggal dan bitmap mudah, tetapi untuk membuat animasi
karakter yang hidup dan meyakinkan merupakan sebuah seni yang membutuhkan
pertimbangan khusus dalam pengerjaanya. Teknik ini juga dapat diterapkan
terhadap animasi obyek. Perankgat lunak yang dapat dipakai untuk animasi
karakter, antara lain Maya Unlimited. Film kartun Toy Story dan Monster Inc
dibuat dengan Maya Unlimited.
4. FUNGSI
ANIMASI
Ide
kreator sangat luas, bahkan tak terbatas. Tetapi manusia terkendala oleh sarana
prasarana, kelemahan fisk dan banyak
lagi kendala yang menyebabkan tidak semua ide dapat diwujudkan dengan teknik
sinematografi konvensional. Misalnya adegan runtuhnya bangunan bertingkat,
adegan memasuki lubang jarum, adegan memasuki liang semut, kamera mewakili http://novalismylove.blogspot.com/2013/04/animasi-dan-jenis-jenis-nya.html
FILM
ANIMASI
5.
6. PERKEMBANGAN
FILM ANIMASI DUNIA
Setelah teknologi komputer
berkembang, maka bermunculan film
animasi yang dibuat dengan teknologi komputer. Animasi itu macam-macam
jenisnya. Ada yang 2 dimensi (2D) dan 3 dimensi (3D). Untuk animasi 2D dibuat
dari pengolahan tangan dan diedit di komputer dengan menggunakan 2D bitmap
graphics atau 2D vector graphics. Sedangkan 3D lebih kompleks lagi karena
pembuatan langsung melalui komputer dan menambahkan berbagai efek di dalamnya
seperti efek percahayaan, air dan api, dan sebagainya.
Tokoh yang dianggap berjasa besar
mengembangkan film animasi
adalah Walt Disney. Walt Disney banyak menghasilkan karya fenomenal seperti:
Mickey Mouse, Donald Duck, Pinokio, Putri Salju, dan lainnya. Walt Disney
pulalah yang pertama membuat film animasi bersuara. Yakni, film Mickey Mouse
yang diputar perdana di Steamboat Willie di Colony Theatre, New York pada 18
November 1928. Walt Disney juga menciptakan animasi berwarna pertama yakni,
Flower and Trees yang diproduksi Silly Symphonies di tahun 1932.
Penyebaran Animasi
Film animasi merambah pula ke
negara-negara Asia. Jepang juga telah mengambangkan film animasi sejak tahun
1913 dimana pada waktu itu dilakukan First Experiments in Animation oleh
Shimokawa Bokoten, Koichi Junichi, dan Kitayama Seitaro pada tahun 1913.
Selanjutnya, animasi di Jepang mengikuti pula perkembangan animasi di Amerika
Serikat seperti dalam hal penambahan suara dan warna. Dalam perkembangan
lainnya, kedua negara ini banyak bersaing dalam pembuatan animasi. Amerika
dikenal dengan animasinya yang menggunakan teknologi yang canggih dan kadang
simpel. Sedangkan animasi Jepang mempunyai jalan cerita yang menarik dan
karakter yang unik.
1.
STYLE ANIMASI
Style animasi merupakan gambar berwarna warni yang menampilkan tokoh-tokoh dalam berbagai macam lokasi dan cerita. memiliki karakteristik visual yang sangat bervariasi dan tidak memiliki gaya yang baku tetapi juga ada yang baku.
di bawah ini merupakan contoh contoh dari style animasi.
Refensi
http://novalismylove.blogspot.com/2013/04/animasi-dan-jenis-jenis-nya.html
0 komentar:
Posting Komentar